Ide Kreatif

Menjadi Pribadi Berkompeten Sekaligus Berkarakter

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis dan karir diperlukan 2 aspek mendasar antara lain karakter dan kompetensi. Kompetensi merupakan keahlian atau kemampuan seseoarang untuk dapat melakukan pekerjaan dengan baik, sedangkan karakter lebih kepada bagaimana menjadi seorang yang profesional yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Berdasar pengalaman penulis, untuk menjadi pribadi profesional diperlukan kerendahan hati dalam berkomunikasi dengan orang lain agar informasi yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik. Tidak semua calon pelanggan paham apa yang kita lakukan maupun keunggulan produk kita. Untuk itu diperlukan edukasi berkelanjutan dengan cara sederhana hingga diterimanya informasi yang benar kepada pelanggan.

Beberapa orang sering menggunakan istilah asing agar terkesan pandai malah mendapatkan hasil kurang baik dibandingkan orang yang cara bicaranya sederhana. Oleh karenanya, seorang profesional yang baik lebih cenderung mengurangi istilah-istilah asing sebagai media komunikasi efektif kepada orang lain.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi bumerang dengan semakin tinggi keilmuan seseorang antara lain gengsi, kepedulian terhadap orang lain, egoisme dan semua itu akan sangat membahayakan keseimbangan dalam organisasi maupun perusahaan. Untuk itulah diperlukan karakter dalam masing-masing pribadi agar semua berjalan sesuai yang diinginkan.

Seseorang yang memiliki karakter yang baik dalam dunia profesional mempunyai kecenderungan antara lain :

1 Dapat ditempatkan dimana saja

Seseorang yang mempunyai karakter mampu berprestasi, mudah belajar dan menyesuaikan diri dimanapun dirinya ditempatkan.

2 Perfeksionis

Tidak menunda-nunda waktu dan menyelesaikan pekerjaannya secara tuntas

3 Bekerja Keras

Apapun tingkat pendidikan dan keilmuan seseoarang, jika mempunyai karakter akan senantiasa terus belajar meningkatkan kompetensinya untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik

So guys, jadi pribadi yang berkompeten sekaligus berkarakter ya….

“be a maestro with us”

Leave a Comment