Pembuatan Aplikasi SOP Online
Aplikasi Standar Operasional Prosedur Berbasis Online
Tujuan SOP
- Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau timdalam organisasi atau unit kerja.
- Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi
- Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
- Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahanadministrasi lainnya.
- Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi
Fungsi SOP
- Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
- Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
- Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
- Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
- Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin
Manfaat dan Kegunaan Standar Operasional Prosedur (SOP)
- SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten
- Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
- SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai
Manfaat Standar Operasional Prosedur (SOP) Menurut Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008)
- Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
- SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
- Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
- Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
- Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
- Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
- Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
- Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
- Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.
MAKSUD DAN TUJUAN SOP-ONLINE
- MEMPERMUDAH ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DALAM PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) YANG BERLAKU DI UNIT KERJANYA
- MEMPERMUDAH BAGIAN ORGANISASI SETDA PROV. JATENG DALAM PEMANTAUAN DAN PENDAMPINGAN OPD SAAT PEMBUATAN SOP
- MEMPERMUDAH PIMPINAN DALAM MELAKSANAKAN PEMANTAUAN PEKERJAAN DAN MENGETAHUI HAMBATAN SERTA PENYIMPANGAN TERHADAP ALUR KERJA DI LINGKUNGAN KERJANYA
- MEMPERMUDAH MASYARAKAT MENDAPATKAN INFORMASI TERHADAP ALUR PELAYANAN YANG DILAKUKAN OPD
- MENINGKATKAN INFORMASI PELAYANAN PUBLIK