Satrio Piningit Kekinian

Satrio Piningit Kekinian – Cerita di Balik Orang-Orang Belakang Layar

Artikel HOT Opini

Dewasa ini, pergeseran fungsi peran manusia terhadap diri dan orang lain telah mengalami kalibarasi yang cukup tinggi. Peran diri sebagai makhluk individu dan sosial tersebut berkembang seiring pertumbuhan teknologi yang melampaui batas ruang dan waktu. Interaksi yang biasanya dilakukan dengan tatap muka kini bisa dilakukan secara online. Di media sosial pun hampir tiap detik kita disuguhkan informasi di dunia hiburan, politik, ekonomi baik dalam dan luar negeri secara faktual dengan hanya memegang smartphone di tangan. Pencitraan, hoax, afirmasi, komedi, religius dapat kita nikmati sesuai kanal yang diinginkan. Algoritma itu akan menggiring pola kesadaran manusia untuk memenuhi keinginan, walau tak jarang pula beresiko menyesatkan kita.

Di balik semua itu ada peran para ahli yang sering kita lupakan. Ketika manusia merasa paling tahu dengan berbekal informasi tanpa filter di internet. Di balik itu ada para ksatria yang tak menampakkan diri berjuang untuk menebar data dan informasi yang bermanfaat. Ada programmer, teknisi, desainer, wartawan, editor dan lain-lain yang bertanggung jawab menyampaikan kebenaran dan lebih memanusiawikan manusia. Diakui ataupun tidak, merekalah satrio-satrio piningit era modern yang telah berhasil menggiring ke peradaban baru.

Era yang tak terbayang orang-orang sebelumnya bahwa istilah kuno ini adalah kasunyatan (ilmu nyata). Kini manusia dapat membuka pintu yang terkunci hanya dengan membaca mantra / perintah tertentu. Kita dapat menerawang kejadian di belahan dunia lain secara realtime. Berguru pada guru-guru yang telah lama meninggal melalui  karya-karyanya. Dan contoh-contoh lain yang dulu hanya bisa kita baca dalam komik silat.

Semua ilmu ini tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Dapat untuk bertujuan postitif maupun dapat membuat pengaruh negatif bagi peradaban selanjutnya. Selamat berjuang para Highlander!!! Sukma abadi yang tak akan mati menyambung estafet peradaban kebangkitan nusantara yang kian nyata.

Baca Juga  Menggugat Kepalsuan Kisah Tanah Jawa