Menjaga Kebugaran Badan di Era Pandemi dengan Mengkonsumsi Jahe

Patimaju.com Jahe merupakan salah satu tanaman rempah-rempah kaya manfaat yang mudah ditemukan hampir di setiap rumah tangga. Selain digunakan sebagai bumbu masak, jahe dapat digunakan juga sebagai ramuan obat herbal. Secara turun-temurun jahe dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Apa sih manfaat jahe jika dikonsumsi secara rutin? Penasaran? Mari, simak ulasannya agar tubuh menjadi sehat dan bugar.

1. Meningkatkan Imunitas atau Daya Tahan Tubuh

Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerolsshogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Jahe juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Mengonsumsi jahe dapat mencegah perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung. Jahe yang ditambahkan dalam makanan pun juga berfungsi untuk mencegah keracunan makanan akibat bakteri.

3. Mengurangi rasa sakit saat menstruasi

Wanita kerap merasakan sakit perut pada saat menstruasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe bisa membantu mengurangi gejala nyeri menstruasi. Khasiat jahe dapat disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat . Bagi wanita yang sering merasa nyeri saat menstruasi, bisa coba mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak kurang lebih 500 – 2000 mg, selama tiga hari di awal menstruasi.

4. Mengontrol kadar gula darah

Berdasarkan jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health tentang manfaat jahe, rutin mengkonsumsi jahe juga dapat membantu menurunkan glukosa darah secara signifikan. Jahe sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes yang memiliki kadar gula tinggi.

5. Menyembuhkan alergi

Jahe tergolong dalam salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic dengan manfaat jahe yang juga dapat memicu keluarnya keringat. Berkeringat bermanfaat bagi tubuh terutama saat sedang demam atau flu.

6. Membakar lemak dan kalori

Jahe yang dikonsumsi secara rutin juga mampu menurunkan kadar kolesterol LDL atau lemak jahat, trigliserida, sekaligus memicu peningkatan kadar HDL atau lemak baik.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan seng serta magnesium pada jahe terbukti mampu meningkatkan sirkulasi darah. Karena sirkulasi darah ke otak dan seluruh tubuh yang lancar, maka kamu akan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

8. Mengurangi rasa mual dan meredakan muntah

Manfaat jahe dapat meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker. Anda dapat memakan jahe secara mentah atau menjadikanya minuman, jahe dalam bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

9. Meningkatkan nafsu makan

Jahe juga memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Seseorang yang rutin mengkonsumsi air rebusan jahe memiliki nafsu makan yang lebih baik dibanding yang tidak mengkonsumsi sama sekali.

10. Melegakan tenggorokan

Jahe dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan serta melegakan tenggorokan. Kandungan senyawa keton yang disebut zingeron pada jahe mampu meredakan suara serak akibat gangguan tenggorokan. Manfaat ini dapat dirasakan ketika kamu minum air jahe sebelum tidur.

Hendro Widitomo

CEO & Founder Maestro Media