taman indonesia kaya
Berita,  Plesir Jateng,  Seni & Budaya

Taman Indonesia Kaya : Tempat Seniman Semarang Berkarya

Taman Indonesia Kaya : Tempat Seniman Semarang Berkarya

Geliat Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah terus mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Sudut-sudut kota yang dulunya sepi dan gelap telah disulap dengan gemerlap lampu warna-warni. Termasuk di salah satu taman di Jl Menteri Soepeno ini.

Taman KB, dulu warga Semarang menyebutnya seperti itu. Tempat yang identik dengan patung Ibu dan Anak kini menjelma menjadi sebuah panggung nan megah diantara hijaunya taman kota dan kini bernama Taman Indonesia Kaya.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat bersantai sejenak diantara kepenatan rutinitas sehari-hari, taman ini menjadi Taman Budaya pertama di Jawa Tengah berkat kerja sama Djarum Foundation dan Pemkot Semarang.

Dengan mengusung konsep panggung outdoor, Taman Indonesia Kaya diharapkan menjadi wadah ekspresi dan mengakomodir para seniman dan pekerja seni yang dapat dinikmati masyarakat Jawa Tengah pada umumnya dan masyarakat Kota Semarang pada khususnya.

Taman Indonesia Kaya memadukan konsep edukasi dengan digital multimedia dengan memperkenalkan kebudayaan Indonesia dan pentingnya ruang publik untuk aktifitas masyarakat sekaligus ruang kreasi bagi para seniman sekitar Jawa Tengah secara gratis.

Uniknya lagi, ruang publik yang satu ini memiliki beberapa fasilitas diantaranya Panggung Budaya yang dibangun dengan 2 sisi yang dapat digunakan. Serta Air Mancur Menari yang dapat bergerak selaras dengan alunan musik yang disajikan. Sarana pendukung lainnya dilengkapi juga dengan ruang ganti penampil, serta toilet umum dan disabilitas.

*Plesir Jawa Tengah

Baca Juga  Pembuatan Aplikasi Sistem Perizinan IMB & HO (SIMBHO) Kota Semarang